Tips Desain Rumah Tropis Tipe 36 yang Modern, Elegan, dan Nyaman

Tips Desain Rumah Tropis Tipe 36 yang Modern, Elegan, dan Nyaman

Tips Desain Rumah Tropis Tipe 36 yang Modern, Elegan, dan Nyaman

Memiliki hunian nyaman meski hanya bertipe 36 merupakan hal yang patut disyukuri. Tapi, jika menerapkan desain rumah tropis yang modern dan elegan, tentu akan lebih maksimal bukan perasaan bahagia Anda? Sayangnya, desain yang dirancang kerap meniru gaya Western yang tidak semuanya cocok untuk diterapkan di Indonesia yang beriklim tropis.

Nah, untuk memiliki rumah minimalis yang modern dan elegan sekaligus nyaman, Anda perlu menerapkan beberapa tips. Pertama, membuat saluran air hujan di atap. Mayoritas rumah di Indonesia memang sudah menerapkan atap berbentuk miring sehingga air hujan bisa langsung turun ke tanah setelah melewati genteng.

Tapi, tidak sedikit juga yang ingin membuat loteng terbuka di atap untuk berbagai tujuan, seperti menjemur baju. Dengan atap yang datar, tentu akan menimbulkan banyak genangan saat musim hujan. Nah, dengan membuat saluran air hujan yang memadai, loteng Anda tidak akan terlalu basah meski terkena air hujan.

Kedua, memanjangkan penutup teras. Desain ini bertujuan agar ketika hujan turun lebat dan lama, air tidak sampai masuk ke dalam rumah. Pilih batako atau bata biasa dengan warna senada dengan bangunan rumah. Alternatif lainnya agar terhindar dari masuknya air ke dalam rumah atau kebanjiran adalah dengan memiringkan terasnya (menjorok keluar).

Ketiga, membuat saluran air got di depan rumah. Jika rumah Anda berada di kompleks perumahan atau desa yang jalannya sudah diaspal, maka saluran air ini harus ada. Bukan hanya bertujuan menghindari tergenangnya air di halaman depan rumah, tapi juga bisa bermanfaat untuk mencegah penularan penyakit kolera, disentri, dan demam berdarah.

Keempat, membuat ventilasi yang besar sehingga udara dari dalam bisa terus berganti dengan udara sejuk dan segar dari luar. Fungsinya tidak jauh berbeda dengan Air Conditioner atau AC. Penerapan cross ventilation berupa jendela, pintu, dan kisi-kisi kawat berwarna di atas jendela ini sangat dianjurkan untuk semua tipe rumah modern dan elegan.

Terakhir, meninggikan plafon. Tipe rumah boleh saja 36 dengan luas rumah dan pekarangan terbatas. Tapi, jika plafon dibuat tinggi, maka Anda dan keluarga tidak akan kepanasan saat berada di dalam rumah. Terutama pada musim kemarau yang suhunya sering panas di siang hari. Plafon yang tinggi juga membuat ruangan lebih terang, tidak pengap, dan elegan.

Untuk memaksimalkan kelima tips desain rumah tropis tersebut sehingga meninggalkan kesan modern dan elegan, gunakan bahan-bahan berkualitas. Pilih juga bentuk yang sederhana dengan warna senada seperti warna cat bangunan rumah. Jika warnanya terlalu terang, maka kesan yang ditimbulkan cenderung norak dan jauh dari kesan elegan.